Langsung ke konten utama

Gambaran Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Di RSUD Daya Makassar Tahun 2009 (A-0039)

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Anemia defenisi zat besi merupakan masalah gizi yang paling lazim di dunia dan menjangkit lebih dari 600 juta manusia. Dengan frekuensi yang masih cukup tinggi, berkisar antara 10 % dan 20 % (Prawirohardjo, 1999, hal 98)

Diseluruh dunia frekuensi anemia dalam kehamilan cukup tinggi, berkisar antara 10 % dan 20 % karena defenisi makanan memegang peranan yang sangat penting dalam timbulnya anemia maka dapat dipahami bahwa frekuensi itu lebih tinggi lagi di negara-negara yang sedang maju. Badan kesehatan dunia (World Health Organization/ WHO) melaporkan bahwa prevalensi ibu-ibu hamil yang mengalami defisiensi besi sekitar 35-37 %, serta semakin meningkat seiring dengan pertambahan usia kehamilan (anonim,2010 di tulis oleh Eka Rahayu puji )

Di Indonesia prevalensi anemia pada kehamilan masih tinggi yaitu sekitar 40,1 % ( SKRT ). Provinsi dengan prevalensi anemia terbesar adalah Sumatera Barat ( 82,6 % ) dan yang terendah adalah Sulawesi Tengah. Lautan J dkk (2001) melaporkan dari 31 wanita hamil pada trimester II didapati 23 (74 %) menderita anemia, dan 13 ( 42 %) menderita anemia, dan 13 (42 %) menderita kekurangan zat besi. (anonim,2007 Ditulis oleh Ahmad Rofiq).

Banyak faktor yang berhubugan dengan kejadian anemia anemia antara lain umur ibu paritas,jarak kelahiran ,pendidikan ,pekerjaan ,dan sosial ekonomi. Namun karena keterbatasan penulis maka hanya melakukan penelitian tentang gambaran kejadian anemia pada ibu hamil berdasarkan umur ibu ,paritas ibu, dan pendidikan ibu

Telah banyak yang dilakukan agar kejadian anemia pada ibu hamil dapat dikurangi jumlahnya antara lain dengan pemberian tablet Fe mulai dari tahun 1870, program perbaikan gizi keluarga, serta peningkatan pengetahuan melalui upaya promosi kesehatan dan peningkatan pelayanan kesehatan, akan tetapi angka prevalensi anemia pada ibu hamil masih tinggi.

Dari hasil pemeriksaan 216 ibu hamil terdapat 59 ibu hamil yang mengatakan tidak rutin meminum tablet zat besi, anemia dalam kehamilan memberikan pengaruh yang kurang baik bagi ibu, baik dalam kehamilan, persalinan, maupun nifas. Berbagai penyakit dapat timbul akibat anemia seperti abortus, partus premature, partus lama, akibat insersi uteri, syok, infeksi baik intra partum maupun post partum (Manuaba, 1998, hal 120).

Jika ibu kekurangan zat besi selama hamil, maka persediaan zat besi selama hamil ,dan persediaan zat besi pada bayi saat di lahirkan pun tidak akan memadai , padahal zat besi sangat di butuhkan untuk perkembangan otak bayi di awal kelahirannya.Kekurangan zat besi sejak sebelum hamil bila tidak di atasi dapat mengakibatkan ibu hamil menderita anemia. (Prawirohardjo,1999, hal 101 )

Kekurangan zat bezi juga mengakitban kekurangan hemoglobin (HB) di mana zat besi sebagai pengikat oksigen yang sangat di butuhkan untuk metabolisme sel ,hal ini dapat menyebabkan anak lahir dengan berat badan lahir rendah ,keguguran dan juga menyebabkan anemia pada bayinya. (Manuaba,1999,hal 115 )

Untuk memenuhi kebutuhan akan zat besi selama hamil ,ibu harus mengkonsumsi zat besi sekitar 40-45 mg sehari.kebutuhan ini dapat terpernuhi dari makanan yang kaya akan zat besi , seperti daging berwarna merah,hati,kuning telur ,sayuran berdaun hijau ,kacang-kacangan,tempe ,roti dan sereal.tetapi jika dokter menemukan ibu hamil yang menemukan gejala anemia biasanya akan memberikan suplemen zat besi juga di berikan pada ibu hamil yang menganut pola makan vegetarian . untuk meningkatkan penyerapan zat besi ,ibu hamil vegetarian hanya cukup makan buah-buahan yang banyak mengandung banyak vitamin c ( Aminuddin R,2007,hal 65).

Kebutuhan zat besi ibu menurut manuaba (2001) selama kehamilan adalah 800 mg besi di antaranya 300 mg untuk janin, placenta dan 500 mg untuk pertambahan eritrosit ibu ,untuk itulah ibu hamil membutuhkan 2-3 mg zat besi tiap hari.

Berdasarkan data yang diperoleh dari dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2009, prevalensi anemia pada ibu hamil adalah anemia ringan sebanyak 40,5 %, anemia sedang 43,67 % dan anemia berat 9,89 %.

Di RSUD Daya Makassar dengan jumlah ibu hamil sebanyak 216 yang berkunjung dan diperiksa ternyata terdapat anemia berat sebanyak 0,006 %, anemia sedang 4,09 %, dan anemia ringan sebanyak 21,8 %.

.Sesuai dengan uraian di atas maka penulis ingin melakukan penelitian tentang “gambaran kejadian anemia pada ibu hamil di RSUD daya Makassar tahun 2009”.

Postingan populer dari blog ini

Gambaran kejadian Abortus Inkomplit di Rumah Sakit Umum Daerah Lanto Dg Pasewang (A-0074)

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Saat ini abortus merupakan salah satu masalah reproduksi yang banyak dibicarakan di Indonesia bahkan di dunia. Masalah abortus perlu di bahas, mengingat abortus merupakan salah satu penyebab terjadinya perdarahan, dan sebagai penyebab langsung kematian ibu / maternal. Abortus adalah ancaman atau pengeluaran hasil konsepsi sebelum janin dapat hidup diluar kandungan, dan sebagai batasan digunakan kehamilan kurang dari 20 minggu atau berat janin kurang dari 500 gram, sedangkan menurut World Health Organization (WHO) batasan usia kehamilan adalah sebelum 22 minggu. (Anonim, 2009). Menurut World Health Organization (WHO) tahun 2006 tingkat kasus aborsi di Indonesia tercatat yang tertinggi di Asia Tenggara mencapai dua juta kasus dari jumlah kasus yang terjadi di negara-negara Association Of South East Asian Nation (ASEAN) sekitar 4,2 juta kasus pertahun. (http://www aborsi.org.online, diakses 09 April 2010) Pada tahun 2005 Angka Kematian Ibu (AKI)

Gambaran Status Gizi pada Bayi Di Puskesmas Kaluku Bodoa (A-0058)

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Setiap orang dalam siklus hidupnya selalu membutuhkan dan mengkonsumsi berbagai macam makanan untuk menjaga agar tubuhnya tetap melakukan segala aktifitas. Makanan adalah segala sesuatu yang dipakai atau dipergunakan oleh manusia supaya dapat hidup. Makanan berfungsi untuk menjamin kelangsungan hidup, bila orang salah dalam mengkonsumsi makanan dapat menimbulkan efek yang tidak baik. Makanan yang dimakan sehari-hari merupakan bahan makanan yang bergizi dan seimbang baik kualitas maupun kuantitas untuk memenuhi syarat hidup sehat (Irianto, 2004). Bahan makanan yang mengandung zat gizi banyak disetiap negara termasuk Indonesia namun perlu diakui bahwa masih banyaknya orang­orang mengabaikan, tidak menyukai bahkan menganggap remeh bahan­bahan makanan yang mengandung zat gizi, padahal konsumsi makanan sangat berpenganuh terhadap status gizi (Karta Sapoetra). Status gizi ini menjadi penting karena merupakan salah faktor resiko untuk terjadinya kesakitan d

Formulir Pemesanan

Untuk mendapatkan artikel lengkap kami mulai dari BAB I - BAB VI, anda cukup mengganti biaya jasa sebesar Rp. 20.000,- / Artikel. dan untuk pemesanan cukup sms ke 085299810456 . Dengan menyertakan kode Di Belakang Judul, mis : A-001, A-002 Produk kami dalam bentuk file microsoft word, jadi anda mudah untuk merubah/mengeditnya. anda cukup merubah tanggal, tempat, dan waktu penelitian, maka anda sudah mendapatkan sebuah KTI baru sesuai dengan yang anda butuhkan, jadi untuk apa lagi anda harus bersusah payah menyusun KTI dari awal yang tentunya memerlukan banyak pengorbanan waktu, tenaga, dan biaya. Untuk lebih menyakinkan anda akan produk kami, maka apabila anda serius ingin memperoleh produk kami, maka kami akan terlebih dahulu mengirimkan produk kami ke e-mail anda, setelah itu barulah anda melakukan pembayaran. Agar lebih memudahkan anda melakukan pembayaran kami menyediakan 2 pilihan pembayaran, yaitu : Transfer Dana ke No. Rekening Bank Mandiri (No. Rekening akan di infokan